Selasa, 20 Maret 2018

Materi etika bisnis

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.


Tujuan Etika Bisnis

Etika bisnis sangat dibutuhkan oleh semua pengusaha baru maupun pengusaha yang sudah lama terjun di dunia bisnis. Tujuan etika bisnis bagi pengusaha adalah untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak melakukan monkey business atau dirty business. Di mana, hal itu dapat merugikan banyak pihak yang terkait.


Dengan etika bisnis, para pelaku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik, sehingga dapat diikuti oleh semua orang yang memercayai bahwa bisnis tersebut memiliki etika yang baik. Memiliki etika bisnis juga dapat menghindari citra buruk seperti penipuan, serta cara kotor dan licik. Bisnis yang memiliki etika baik biasanya tidak akan pernah merugikan bisnis lain, tidak melanggar aturan hukum yang berlaku, tidak membuat suasana yang tidak kondusif pada saingan bisnisnya, dan memiliki izin usaha yang sah.

Dapat meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan, karena etika telah dijadikan sebagai corporate culture. Hal ini terutama penting bagi perusahaan besar yang karyawannya tidak semuanya saling mengenal satu sama lainnya. Dengan adanya etika bisnis, secara intern semua karyawan terikat dengan standard etis yang sama, sehingga akan mefigambil kebijakan/keputusan yang sama terhadap kasus sejenis yang timbul.

2.         Dapat membantu menghilangkan grey area (kawasan kelabu) dibidang etika. (penerimaan komisi, penggunaan tenaga kerja anak, kewajiban perusahaan dalam melindungi lingkungan hidup).

3.         Menjelaskan bagaimana perusahaan menilai tanggung jawab sosialnya.

4. Menyediakan bagi perusahaan dan dunia bisnis pada umumnya, kemungkinan untuk mengatur diri sendiri (self regulation).

5. Bagi perusahaan yang telah go publik dapat memperoleh manfaat berupa meningkatnya kepercayaan para investor. Selain itu karena adanya kenaikan harga saham, maka dapat menarik minat para investor untuk membeli saham perusahaan tersebut.

6. Dapat meningkatkan daya saing (competitive advantage) perusahaan.

7. Membangun corporate image / citra positif , serta dalam jangka panjang dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan (sustainable company).
Etika bisnis perusahhan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki dsaya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi,diperlukan suatu landasan yang kokoh.


Contoh kasus dalam etika bisnis

1. Contoh kasus hak pekerja

Ketua Yayasan LBH Cianjur, O Suhendra mengatakan, upaya pendampingan dan advokasi dilakukan lantaran selama ini para buruh buta masalah hukum. Jumlah buruh asal Kabupaten Cianjur yang sempat diperiksa tim penyidik Polresta Tangerang untuk dimintai keterangan sebagai saksi korban, Sabtu (11/5/2013), lebih kurang berjumlah 30 orang.

“Mereka (buruh) hanya dimintai keterangan sebagai saksi korban. Dari 30 orang buruh, empat orang di antaranya masih anak-anak di bawah umur dengan rata-rata usia 18 tahun,” kata Aap, sapaan akrab O Suhendra saat dihubungi INILAH, Minggu (12/5/2013).

Aap berharap agar pengusaha yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka bisa dijerat pasal berlapis. Dalihnya, pengusaha sudah melakukan pelanggaran pasal 378 KUHP tentang penipuan, pasal 351 tentang penganiayaan, dan pasal 333 tentang penyekapan.

“Termasuk juga pelanggaran Undang Undang Perlindungan Anak dan Undang Undang Perdagangan Manusia (Trafficking). Kami juga mengharapkan agar hak-hak buruh (korban) maupun perdatanya bisa dipenuhi. Jika tidak dipenuhi, kami pun akan melakukan gugatan hukum,” tegasnya.

Sebelumnya, Sabtu (11/5/2013), tim penyidik Mapolresta Tangerang, memintai keterangan puluhan korban perbudakan disertai penyekapan dan penyiksaan buruh pabrik panci di Tangerang asal Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Pemeriksaan dilakukan di kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur di Jalan Kompleks SMPN1.

Pemeriksaan didampingi tim dari Kontras sebanyak 3 orang, P2TP2A Kabupaten Cianjur sebanyak 3 orang, Persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) sebanyak 15 orang, dan LBH Cianjur sebanyak 2 orang. Satu per satu, buruh yang menjadi korban perbudakan dimintai keterangannya oleh tim penyidik Polresta Tangerang.

Ketua Bidang Pelayanan Umum P2TP2A Kabupaten Cianjur, Lidya Umar Indayani mengatakan, jumlah keseluruhan buruh korban perbudakan sebanyak 33 orang, termasuk 3 korban dari Kabupaten Bandung. Sebanyak 8 orang di antara buruh itu di bawah umur.

“Korban yang di-BAP itu termasuk juga yang dulu sempat kabur dari 3 kecamatan sebanyak 9 orang,” kata Lidya di kantor P2TP2A Kabupaten Cianjur, Sabtu (11/5/2013)
Komentar:

Dari kasus di atas, Hal ini diakibatkan oleh lemahnya sistem pengawasan ketenagakerjaan. Ini terjadi karena tidak seimbangnya jumlah pengawas Dinas Tenaga Kerja terhadap pekerja. Mungkin yang harus di tingkatkan lagi adalah kejujuran. Jujur dalam bertindak, jujur dalam pengawasan. Menurut hemat saya, pengawas harus lebih jujur dan tidak tembang pilih dalam menjalankan tugas.

2. Contoh kasus etika pasar bebas
CONTOH KASUS EKSPOR

Kasus Dugaan Dumping Terhadap Ekspor Produk Kertas Indonesia ke Korea

Salah satu kasus yang terjadi antar anggota WTO kasus antara Korea dan Indonesia, dimana Korea menuduh Indonesia melakukan dumping woodfree copy paper ke Korsel sehingga Indonesia mengalami kerugian yang cukup besar. Tuduhan tersebut menyebabkan Pemerintah Korsel mengenakan bea masuk anti dumping (BMAD) sebesar 2,8 persen hingga 8,22 persen terhitung 7 November 2003. dan akibat adanya tuduhan dumping itu ekspor produk itu mengalami kerugian. Ekspor woodfree copy paper Indonesia ke Korsel yang tahun 2002 mencapai 102 juta dolar AS, turun tahun 2003 menjadi 67 juta dolar.

Karenanya, Indonesia harus melakukan yang terbaik untuk menghadapi kasus dumping ini, kasus ini bermual ketika industri kertas Korea mengajukan petisi anti dumping terhadap 16 jenis produk kertas Indonesia antara lain yang tergolong dalam uncoated paper and paperboard used for writing dan printing or other grafic purpose produk kertas Indonesia kepada Korean Trade Commision (KTC) pada tanggal 30 september 2002 dan pada 9 mei 2003, KTC mengenai Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) sementara dengan besaran untuk PT pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk sebesar 51,61%, PT Pindo Deli 11,65%, PT Indah Kiat 0,52%, April Pine dan lainnya sebesar 2,80%. Namun, pada 7 November 2003 KTC menurunkan BM

Selasa, 09 Januari 2018

Tugas Ekonomi Koperasi

PENGERTIAN EKONOMI KOPERASI
Koperasi adalah kerjasama yang terjadi antara beberapa orang untuk tujuan yang sama yang sulit di capai secara perorangan
Ekonomi koperasi merupakan suatu organisasi bisnis yang diperoleh secara bersama berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan pada kekeluargaan, untuk mencapai kepentingan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan bersama baik untuk seluruh anggota koprasi.
Koperasi dari segi ekonomi adalah :
Beberapa orang yang disatukan oleh kepentingan ekonomi yang sama
Tujuan bersama maupun individu adalah untuk memajukan kepentingan bersama dengan tindakan bersama secara kekeluargaan dan gotong royong
Alat untuk mencapai tujuan ialah badan usaha yang dimiliki bersama,dibiayai bersama, dikelola bersama
Tujuan badan usaha untuk memajukan kepentingan ekonomi anggota perkumpulan
Koperasi dari segi hukum adalah :

Badan usaha yang beranggota orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya bedasarkan prinsip koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Berikut pengertian koperasi menurut para ahli
1. Arifial Chaniago(1984) koperasi merupakan suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang yang memberikan kebebasan kepada setiap anggota untk masuk dan keluar, bekerjasama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota.
2. PVJ Dooren koperasi serikat adalah sebuah asosiasi anggota baik pribadi ,secara sukarela datang bersama-sama dalam mengejar ekonomi umum..
3. Moh Hatta (Bapak Koperasi Indonesia) Usaha bersama memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong yang didorong oleh keinginan memberi jasa kepada orang lain.
4. Munker koperasi sebagai organisasi yang berazazkan pada konsep tolong menolong.

Menurut UUD No. 25 Tahun 1992

Koperasi adalah suatu badan usaha beranggotakan orang-orang atau bahan hukum koperasi dengan berlandaskan kegiatanya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berdasar atas azaz kekeluargaan.

Koperasi sebagai lembaga ekonomi
Manfaat koperasi dibagi menjadi dua bidang, yaitu
> Manfaat koperasi di bidang ekonom
> Manfaat koperasi di bidang sosial
1. Prinsip-prinsip Ekonomi koperasi

Prinsip Munkner
Keanggotaan bersifat sukarela
Keanggotaan terbuka
Manajemen dan pengawasan dilaksanakan secara demokratis
Efisiensi ekonomi dari perusahaan koperasi
Prinsip Rochdale
Pengawasan secara demokratis
Keangotaan yang terbuka
Bungga atas modal dibatasi
Netral terhadap politik dan agama
Prinsip Raiffeisen
Tanggung jawab kepada anggota tidak terbatas
Swadaya
Usaha hanya kepada anggota
Pengurus bekerja sukarela
Keanggotaan atas dasar watak, bukan uang
Daerah kerja terbatas

Prinsip Herman Schulze
Daerah kerja tak terbatas
Swadaya tanggung jawab anggota terbatas
Pengurus bekerja dengan imbalan atau balasan
Usaha tidak terbatas hanya pada anggota
Sumber : https://taufiqmaulana28.wordpress.com/2014/11/17/pengertian-ekonomi-koperasi/

Rabu, 13 Juli 2016

Contoh Kalimat Konjungsi

CONJUNCTION

Conjunction adalah kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menghubungkan frasa(phrase), klausa(clause), dan kalimat(sentence). Conjunction merupakan salah satu parts of speech. Conjunction juga disebut connective atau penghubung. Terdapat jenis-jenis conjunction dalam bahasa inggris: coordinate conjunction, correlative conjunction, subordinate conjunction, dan adverbial conjunction. Disini saya akan memberikan beberapa contoh kali,at conjunction.

a.       Rohmat was smart person in my school. Also, he is kind person
b.      Smoking can be cause of many illnesses. Moreover, it may harm non – smokers
c.        Fatin Shidqia is a great singer. Besides, she is a very good judge in X-Factor Indonesia
d.      I think, she is smart and beautifull
e.       The office is the best building in this city because it has a large parking area, garden, and complete facilities. In addition, it is located in strategic place
f.        The boy is poor. Nonetheless, he can speak France
g.      The tuition fee is increasing each year, nevertheless, the rector won't let the students get difficulties in their study
h.      The fuel cost is rising up. However, the public transportation cost won't make any change
i.        If the sun shines tomorrow, I'll go swimming. Still, maybe I'll try the new recipe in the kitchen
j.        My brother is mischevous but dilligent
k.      Natural resources of Indonesia spread of Sabang to Merauke. Yet, they are not utilized properly
l.        The weather was cold. So, Nadya wore a jacket and gloves
m.    Buggati Veron are the most expensive vehicle in the world. Accordingly, I want to have one
n.      The used car is very cheap. Therefore, I want to buy it
o.      The worker came late. Consequently, his salary for the next month will be cut
p.      She loves to read phsycology books. Hence, she is easy to understand other people
q.      We believe that the project is possible. Furthermore, we believe that we can do it within a few months






Jumat, 29 April 2016

Pronoun Example

# Change the underlined words into a correct object pronoun!

1) The teacher always gives the students homework.
Answer: them

2) I am reading the book to my little sister.
Answer: it

3) The boys are riding their bikes .
Answer: them

4) My father is writing a letter to John .
Answer: him

5) I do not know the answer .
Answer: it

6) Sally is going to Anne .
Answer: her

7) Open the window , please.
Answer: it

8) Can you tell the people the way to the airport, please?
Answer: them

9) The books are for Peter .
Answer: him

10) Can you help my sister and me, please?
Answer: her


Thanks for watching

Senin, 04 April 2016

Description Myself


Introduce Myself

    Hello guys! Please allow me to introduce myself. My name is Wisnu Eki Kuncoro. Ussually my friends call me Wisnu. I am the only begotten son. I was born in Wonogiri, on 22 February 1997. I from center java and now I live in Pondok Ungu Permai, North Bekasi , Bekasi City. My hobbies are playing football, playing badminton, and playing video game. It makes me healthy and happy. I was graduated from SMAN 1 Jatiserono, and now I'm Studying in Gunadarma University.

    I am very friendly, but sometimes i am shy if i meet with a new friends. In the class room my friends mayority the religion are muslim. I am very happy when i got friends mayority are muslim, because i can pray together. But i also frendly with people the other religion. And we are make a futsal team for join at tournament.

    When I graduated and got a bachelor degree from collage later, I will continue studying to get the next degree, it is a master of degree and a doctorate degree. Aamiin. And then, If I get a master's and doctorate degree already, I'll apply to find a job. If I've got a job and already established, i will go to pilgrimage to Mecca and then married with the woman I love. I will live happily ever after with my wife and my son someday.

Jumat, 20 November 2015

Tugas DasPem 20 - 11 - 2015



Nama : Wisnu Eki Kuncoro
NPM : 17215188
Kelas : 1ea23

a)    Saluran Pemasaran dan Jaringan Nilai : saluran pemasaran merupakan perangkat saluran pemasaran khusus yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Sedangkan Suatu jaringan nilai adalah suatu sistem kemitraan dan perkongsian yang digunakan suatu perusahaan sebagai sumber, untuk menambah, dan menyampaikan penawaran produk atau jasanya.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA
b)   Peran Saluran pemasaran : Produsen dapat memperoleh keuntungan dengan menggunakan perantara adalah sebagai berikut :
       Banyak produsen tidak memiliki sumber daya keuangan untuk melakukan pemasaran langsung.
       Para produsen yang memang mendirikan saluranna sendiri sering dapat memperoleh laba yang lebih besar dengan meningkatkan investasinya dalam bisnis utamanya.
       Dalam beberapa kasus, pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan.
Perantara biasanya mencapai efisiensi yang lebih tinggi dalam menyediakan barang secara luas dan memungkinkanya terjangkau pasar sasaran.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA
c)    Keputusan Rancangan Saluran : Merancang sebuah system saluran mencakup sebagai berikut:
·           Menganalisis kebutuhuan pelanggan : Dalam merancang saluran pemasaran, pemasar harus memahami tingkat keluaran jasa yang diinginkan oleh pelanggan sasaran.
     Menetapkan Tujuan Saluran : Tujuan – tujuan seharusnya dinyatakan dari segi tingkat keluaran jasa yang ditargetkan.  Dalam kondisi persaingan, lembaga-lembaga salurans eharusnya menata tugas-tugas fungsionalnya untuk meminimalkan total biaya saluran dalam kaitannya dengan tingkat keluaran jasa yang diinginkan. 
     Mengidentifikasi Alternative Saluran Utama : Perusahaan – perusahaan dapat memilih dari berbagai jenis saluran untuk menjangkau pelanggan mulai dari tenaga penjualan, agen, distributor, penyalur surat langsung, telemarketing sampai internet.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA
d)   Keputusan Manajemen Saluran :
1.      Memilih Anggota Saluran : Perusahaan – perusahaan perlu memilih anggota-anggota salurannya secara cermat.  Bagi pelanggan, saluran ini dipandang sama dengan perusahaan tersebut. 
2.      Melatih Anggota Saluran : Perusahaan-perusahaan perlu merencanakan dan mengimplementasikan program pelatihan yang cermat bagi perantara mereka.
3.      Memotivasi Anggota Saluran : Kemampuan untuk merangsang anggota saluran menuju kinerja puncak dimulai dengan memahami kebutuhan dan keinginan mereka.
4.      Mengevaluasi Anggota Saluran : Secara berkala, produsen harus mengevaluasi kinerja perantara berdasarkan standar seperti pencapaian kuota penjualan, tingkat persediaan rata-rata waktu pengiriman kepada pelanggan, penanganan barang rusak dan hilang, dan kerja sama dalam program promosi dan pelatihan.
5.      Mengubah Susunan Saluran : Produsen harus mempelajari secara berkala dan mengubah susunan salurannya.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA

e)   System dan Integrasi Saluran :
1.      Sistem Pemasaran Vertikal : Sistem pemasaran vertikal terdiri atas produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai sistem yang menyatu.
2.      Sistem Pemasaran Horisontal : Dua atau beberapa perusahaan yang tidak berhubungan menggabungkan sumber daya atau program untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang sedang berkembang
3.      Sistem Pemsaran Multi Saluran : Terjadi apabila satu perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau beberapa segmen pelanggan.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA
f)     Konflik, Kerjasama dan Persaingan : Jenis Konflik dan Persaingan adl sbb
1.      Konflik Saluran Vertikal : Konflik antara tingkat-tingkat yang berbeda dalam saluran yang sama.
2.      Konflik Saluran Horisontal : Konflik antara anggota-anggota pada tingkat yang sama dalam saluran tersebut.
3.      Konflik Multi Saluran : Terjadi apabila produsen tersebut menciptakan dua atau lebih saluran yang melakukan penjualan ke pasar yang sama.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA

g)    Praktik Pemasaran E-commerce :
1.         Perusahaan Klik Murni (pure click) : Perusahaan yang telah meluncurkan situs web tanpa eksistensi perusahaan apapun sebelumnya.
2.         Perusahaan Nyata sekaligus klik (Brick and Click) : Perusahaan yang sudah ada yang menambahkan situs online untuk informasi dan atau e-commerce.
Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEAQFjAEahUKEwjJ9_qckZ3JAhXCkY4KHfbsDos&url=http%3A%2F%2Fxa.yimg.com%2Fkq%2Fgroups%2F25648558%2F1703370791%2Fname%2Fpresentasi&usg=AFQjCNH_ZDYCb7rSibMSttCuK8Kc03t-XA
h)   Eceran
Eceran adalah harga transaksi antara penjual dan pembeli untuk tiap jenis barang yang diecerkan menurut satuan setempat. Karena satuan setempat yang digunakan di tiap daerah berbeda, oleh karena itu pencatatan dilakukan sesuai dengan harga eceran di dalam satuan setempat yang lazim dipakai di daerah masing – masing.
Sumber : http://www.mediabpr.com/kamus-bisnis-bank/harga_eceran.aspx
i)     Label Privat
private label adalah produk yang dijual di sebuah toko/peritel dengan merek yang dibuat khusus oleh toko/peritel tersebut. Private label dikenal juga sebagai store brand. Strategi private label ini lazimnya dilakukan oleh jaringan peritel modern.
Sumber : https://muhdikurnianto.wordpress.com/2014/04/22/private-label-strategy/
j)     Perdagangan Benar
Perdagangan Besar adalah wholesale trade yaitu kegiatan ekonomi berupa pembelian dan penjualan kembali barang dalam jumlah besar antara pedagang besar atau industri atau pengecer, seperti impor, ekspor, dan distribusi.
Sumber : http://www.mediabpr.com/kamus-bisnis-bank/perdagangan_besar.aspx
k)    Logistik Pasar
Logistik pasar merupakan proses perencanaan pelaksanaan dan pengendalian aliran yang efektif dan efisien dari barang atau jasa yang meliputi perencanaan infrastruktur untuk memenuhi permintaan, lalu me ngimplementasikan dan mengendalikan aliran fisik bahan dan barang akhir dari titik asal ke titik penggunaan, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendapat laba.
Sumber : http://www.slideshare.net/Rizky103/logistik-pasar-ritel-48829168